4 Jenis Pelangi Yang Indah di Dunia

4 Jenis Pelangi Yang Indah di Dunia


Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang sangat indah, biasanya kita melihatnya setelah hujan dan matahari kembali bersinar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah lengkungan warna spektrum di langit sebagai akibat adanya pembiasan sinar matahari oleh titik hujan atau embun. Semua warna yang dihasilkan oleh pelangi berawal dari cahaya matahari. Matahari itu sendiri memiliki beberapa warna yang disebut polikromatik yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila,dan ungu. Berikut 4 Jenis Pelangi: 

1. Pelangi Awan


Pelangi awan


Pelangi awan ini terbentuk oleh butiran-butiran kecil air yang ada di awan dan udara lembab, tanpa terjadinya hujan terlebih dahulu. Pelangi ini terlihat ketika cahaya matahari menembus butiran-butiran air dan terbelokkan sehingga menjadikannya spektrum warna yang indah di langit. Ukuran pelangi awan lebih jauh di udara dan besar, seringkali terbentuk di atas perairan. Dan jika terjadi di daratan, hal tersebut diakibatkan kabut tebal yang terangkat ke udara. 


2. Pelangi Kembar


pelangi kembar


Pelangi kembar tidak sama dengan pelangi ganda, fenomena pelangi kembar jarang sekali terjadi. Pelangi kembar terbentuk dari dua lengkungan spektrum warna pada satu titik yang sama. Pelangi kembar ini terbentuk oleh kombinasi antara butiran-butiran air yang kecil dan besar berjatuhan dari udara menuju bumi. Butiran yang lebih besar dipaksa oleh sebuah kondisi udara sehingga menjadi lebih pipih, sementara butiran yang kecil masih berbentul oval dan memiliki permukaan pantulan yang lebih stabil. Kedua bentuk butiran air tersebut kemudian secara bersamaan membentuk dua pelangi berbeda dalam satu titik lengkung yang sama.



3. Pelangi Pantulan dan Terpantulkan

pelangi pantulan



Pelangi pantulan dan terpantulkan adalah dua hal yang berbeda meskipun memiliki nama yang sama. Pelangi terpantulkan adalah fenomena pelangi yang terjadi cahaya dibelokkan oleh tetesan air, spektrum warna yang dihasilkan kemudian dipantulkan ke mata kita sebelum akhirnya memudar dan menjadi cahaya biasa. Sementara pelangi pantulan terjadi ketika cahaya dipantulkan oleh air sebelum dipantulkan oleh butiran-butiran air. Pelangi pantulan tidak muncul seperti pelangi terpantulkan, karena ia harus berada pada kondisi yang lebih spesifik. 


4. Roda Pelangi


Roda pelangi ini terbentuk ketika awan hitam atau hujan deras terjadi sehingga menutupi cahaya yang sedang bersinar ke arah kita. Dan bayangan hujan tersebut membuat Anda tidak bisa melihat warna pelangi. Padahal yang terjadi adalah pelangi tersebut membentuk sebuah roda dengan lingkaran yang besar, dan hanya akan terlihat ketika awan bergerak semakin menjauh dari arah pandang kita.

Itulah beberapa jenis pelangi yang indah menurut saya. Pelangi itu indah bukan..?? ^_^


Terima kasih telah membaca artikel tentang 4 Jenis Pelangi Yang Indah di Dunia , Jika anda merasa artikel ini penting,akan sangat membantu dan berguna bagi orang lain jika membagi dan mensharenya dengan mengklik icon G +1, Facebook dan Twitter disamping.

Judul: 4 Jenis Pelangi Yang Indah di Dunia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Bfc Sarif

Silahkan tinggalkan jejak anda di kolom komentar. Terima Kasih.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Teknik Rahasia Sukses Bisnis Online ClickBank



Dapatkan Artikel dan Informasi dari Tips dan Cara Mudah secara GRATIS
Silahkan masukkan Email Anda disini

BfcSarifBlog
Diposkan oleh Bfc Sarif
Bfc Sarif Blog | Berbagi Tips dan Cara Mudah Updated at: 7:06 PM

3 comments

January 4, 2013 at 7:35 PM delete

WOW WOW WOW ! :o tripl WOW buat sahabat ku ini , hehe
ditunggu kunjungan baliknya di sini

January 4, 2013 at 9:50 PM delete

@achsan MassiveBjn : Terima kasih kunjungannya gan..

January 4, 2013 at 9:53 PM delete

@nabbeh istiaqul : mantap kawan,Tugas selesai..
salam sukses..

Post a Comment

 
Design by Bfc Sarif SatriaSatriaan | Support D-S Barokah Eyelashes - Produsen Bulu Mata Palsu Purbalingga Produsen dan Penjual Bulu Mata Palsu Murah